Memberi Lebih Demi Meminimalisir Komplain Selasa, 06 November 2018

Memberi Lebih Demi Meminimalisir Komplain Image © ISS Indonesia.

“Pak, Gate 1 sampai Gate 5 sudah kami bersihkan.” / “Waoo kerenn..kan saya hanya minta Gate 1 aja” /  “Iya Pak, kami bersihkan sekalian aja daripada nanti ada komplain”. Demikian sekelumit percakapan antara Muzazin dengan pihak klien.  

“Kami berusaha memberikan lebih kepada klien selama masih berada dalam SOW (scope of work) kami,” tutur Muza selaku Site Head Terminal 3 – Internasional, Bandara Soekarno-Hatta. 

Menurut Muza, bahwa membina hubungan baik dengan klien bisa diawali dengan mengetahui maksud dan tujuan bisnis mereka. Dengan begitu, bisa mencegah adanya komplain dari klien.

Zero complaint adalah target kami. Selama ini ISS dikenal sangat responsif, diminta jam berapa aja selalu siap, paling tidak ada yang memberi respon. Istilahnya minta 3, kami kasih 5,” ujar penggemar mie ayam baso dan teh tawar ini. 

Sebagai site manager, Bapak satu orang putri usia 6 tahun, ini sangat mengagumi gaya kepemimpinan Presiden Joko Widodo. “Beliau untuk sebagian orang mungkin terlihat lemah, namun kalo sudah bicara eksekusi di lapangan, beliau lah orangnya. Kritik tidak langsung dibantah, tapi malah si pengeritik diajak kerja sama,” ujar Muza menuturkan kekagumannya. 

“Di satu moment, saya terlihat ramah dan murah senyum. Tapi begitu ada kesalahan yang perlu ditindak tegas, saya akan langsung mengeksekusinya,” tambah Muza.

Bagi Muza, kesempatan bergabung dengan ISS sembilan tahun silam adalah titik balik dalam kehidupannya. Sempat dipandang sebelah mata oleh lingkungan terdekat karena kondisi keuangannya saat itu, dia pun bangkit dan menyemangati dirinya dengan cara kerja yang jujur, rajin, serta fokus pada detail. “Saya yakin semua orang bisa berkembang, asal rajin, jujur, dan fokus pada detail maka penghasilan pun akan mengikuti,” ujar Muza.

Satu mimpi besar yang masih tertancap dalam relung hatinya adalah keinginan untuk meraih gelar Sarjana Teknik Komputer yang rencananya diwujudkan tahun depan. Tutur kata dan tindakan orang-orang dengan latar pendidikan tinggi yang sempat dia temui di area begitu terasa berwibawa bagi Muza. Hal itu menginspirasi dirinya untuk melanjutkan pendidikan formal selain untuk peningkatan karir.

“Saya ingin mengajak semua great performers untuk tetap semangat, bekerja ikhlas, jujur sebagai modal utama, mengutamakan kebutuhan klien dan customer, dan yang paling penting jangan pernah minder dengan pekerjaan kita. Hasil pekerjaan kita diperlukan banyak orang,” urai Muza mengakhiri percakapan dengan GREAT. 


0 Komentar
Artikel Terkait
Melayani Setulus Hati
Sabtu, 18 November 2017

Melayani Setulus Hati

Muda, Cekatan, dan Berani
Kamis, 04 Januari 2018

Muda, Cekatan, dan Berani

Berikan Layanan Melebihi Ekspektasi
Senin, 28 November 2016

Berikan Layanan Melebihi Ekspektasi